Selasa, 02 Maret 2010

Istilah-istilah dalam survei seismik 3D (part 1)

Source Line ; lintasan atau titik-titik penembakan (dinamit, atau vibrator) yang diambil pada spasi antar titik yang sama. Spasi ini (Source Interval) biasanya sama dengan dua kali panjang bin CMP pada arah sumbu x. sedangkan spasi ke arah sumbu y disebut Source Line Interval. Spasi ini ditentukan berdasarkan ketelitian daerah yang diminta.

Receiver Line ; lintasan atau titik-titik penerima yang terletak dalam spasi yang teratur (Receiver Interval), biasanya sama dengan dua kali panjang bin CMP. Jarak antar Receiver Line disebut sebagai Receiver Line Interval.

In-Line Direction ; garis-garis yang sejajar dengan Receiver Line. Garis ini serupa dengan arah lintasan pada survey seismic 2D.

X-Line Direction ; garis-garis yang orthogonal dengan Receiver Line.

Box ; luasan yang dibatasi oleh dua Receiver Line dan dua Source Line. Kotak ini dapat dikatakan daerah kecil survey 3D yang secara statistik melingkupi seluruh daerah.

Patch ; menunjukkan semua stasiun penerima yang hidup untuk setiap penembakan yang dilakukan. Patch biasanya berbentuk kotak berisi beberapa Receiver Line yang parallel.

(Saran, koreksi, dan komentar : cendekia.05@gmail.com)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar